Login E-learning

Selamat Datang Di Website Resmi SMA NEGERI 1 MANIANGPAJO

Username:

Password:

security image



 



463 Sekolah Terima Penghargaan Adiwiyata Nasional

Diposting pada: 2013-12-20, oleh : Admin, Kategori: Informasi Sekolah

Kementerian Lingkungan Hidup memberikan penghargaan Sekolah Adiwiyata kepada 463 sekolah yang tersebar pada 28 Provinsi di Indonesia. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya didampingi oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim, Jum'at (20/12) di Ruang Puri Agung, Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 86 Jakarta.

Dalam arahannya yang dikemas dalam acara Sarasehan Sekolah Adiwiyata Nasional 2013, Balthasar Kambuaya berharap melalui program Adiwiyata, mulai 2014 dilakukan pengukuran penurunan energi di setiap sekolah, penurunan timbunan sampah serta penurunan penggunaan air. Balthasar juga berharap ada penghitungan emisi CO2 pada setiap sekolah penerima penghargaan Adiwiyata.

Adiwiyata merupakan program Kementerian Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Olehnya itu, Penghargaan Adiwiyata diberikan kepada sekolah berbudi dan berbudaya lingkungan.

Menurut Balthasar, pendidikan lingkungan hidup harus ditanamkan sejak dini untuk menanamkan kesadaran dan membangun kebiasaan peduli lingkungan. "Tugas saya untuk menyiapkan generasi yang peduli terhadap lingkungan. Saya ingin 10 hingga 20 tahun ke depan, generasi tersebut tercipta," kata dia.

Sejalan dengan harapan Balthasar, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim yang hadir mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengungkapkan bahwa program adiwiyata akan terus berlanjut seiring dengan penerapan Kurikulum 2013 yang akan dilaksanakan oleh semua sekolah di Indonesia terhitung Bulan Juli 2014 mendatang.

Rangkaian dari kegiatan penyerahan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional ini juga dilaksanakan dialog interaktif dengan 3 sesi. Sesi pertama bertajuk Pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup dengan Nara Sumber Dirjen Pendidikan Dasar Kemendikbud, Dirjen Pendidikan Menengah Kemendikbud, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, dan Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Lingkungan Hidup.

Sesi kedua membahas tentang Program pendidikan lingkungan hidup dengan Nara Sumber; GIZ/PAKLIM, Hanns Seidel Foundation, Pertamina Foundation (SSB), dan UNESCO. Sementara sesi ketiga berjudul Manfaat pendidikan lingkungan hidup dalam pengembangan karakter lingkungan dengan Nara Sumber: Prof. Arief Rahman, Prof Karim Saleh, Eka Budianta, dan Kemeninfo

Dalam dialog tersebut, terkuak bahwa memang selama 7 tahun perjalanan Adiwiyata, Sosialisasi tentang program ini sangat minim, utamanya sosialisasi yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Akan tetapi, Baik KLH maupun Kemendikbud telah berkomitmen untuk melaksanakan sosialiasi secara bersama-sama pada tahun 2014 mendatang.

Disinggung masalah dana, Dirjen Pendidikan Dasar maupun Dirjen Pendidikan Menengah menjanjikan akan mengeluarkan Surat Edaran agar dalam dana BOS 2014, juga diperuntukkan untuk kegiatan Adiwiyata melalui pos ekstrakurikuler. Akan tetapi "pembiayaan jangan sepenuhnya dibebankan ke pusat tapi Pemerintah Kabupaten/Kota juga harus bertanggungjawab sebagai otonomi" ungkat Dirjen Pendidikan Dasar Kemendikbud.

Sementara itu, Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat - KLH berkesimpulan bahwa "Adiwiyata bukanlah lomba melainkan menjadikan sekolah berbudi dan berbudaya lingkungan". Sejalan dengan itu Dirjen Pendidikan Menengah Kemendikbud mengungkapkan bahwa "Pentingnya pembiasaan adalah kunci dari usaha meraih penghargaan tersebut" begitupun yang disampaikan oleh Dirjen Pendidikan Islam - Kemenag "Penghargaan adiwiyata nasional yang diperoleh hari ini merupakan hasil dari mimpi kita, usaha kita, dan cita-cita kita" ungkapnya diakhir kegiatan dialog.


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini